love ~ love ~ love ~love

love ~ love ~ love ~love

Selasa, 13 April 2010

PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN TENTANG MENOPAUSE TERHADAP PENGETAHUAN DAN SIKAP IBU MENGHADAPI MENOPAUSE

INTISARI

Latar belakang : Pendidikan kesehatan dan sumber informasi yang kurang menyebabkan tingkat pengetahuan ibu sangat kurang sekali dan sikap ibu menjadi khawatir dalam menghadapi menopause.

Tujuan penelitian : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendidikan kesehatan menopause terhadap pengetahuan dan sikap ibu menghadapi. menopause di Dukuh Karangturi Desa Karangturi Rembang.

Metode penelitian : Penelitian ini menggunakan jenis penelitian intervensi dengan menggunakan rancangan one group pretest-postest. Populasi penelitian 60 orang, cara pengambilan sampel dengan purvosive sampling sehingga diperoleh sampel 48 orang. Analisis untuk uji hipotesis dengan uji statistik Paired t-test.

Hasil penelitian : Hasil penelitian ini menunjukan ada pengaruh pendidikan kesehatan menopause terhadap pengetahuan dan sikap ibu menghadapi. menopause.

Kesimpulan : Hasil uji statistik paired t-test diketahui nilai P = 0,000, nilai tersebut lebih kecil dari alfa (P<0,05)>pendidikan kesehatan menopause terhadap pengetahuan dan sikap ibu menghadapi. menopause di Dukuh Karangturi Desa Karangturi Rembang.

Saran : Diharapkan para ibu-ibu banyak mencari informasi sebanyak-banyaknya guna menambah pengetahuan khususnya tentang menopause.

Kata Kunci : pendidikan kesehatan, pengetahuan, sikap, menopause.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar