love ~ love ~ love ~love

love ~ love ~ love ~love

Sabtu, 01 Mei 2010

SYPHILIS

Syphilis merupakan penyakit umum dan berbahaya, yang dapat menular dari orang ke orang lain melalui hubungan seksual

A. Fakta-fakta tentang syphillis

  1. Penyakit ini menular melalui hubungan seksual
  2. Infeksi syphilis disebabkan oleh bakteri Treponema pallidum
  3. Bisa menular dari ibu yang menderita syphilis ke janin yang sedang dikandungnya
  4. Pengobatan yang umum dilakukan adalah memberi antibiotik kepada si penderita
  5. Jika tidak segera dilakukan perawatan, infeksi ini akan menjalar dan merusak bagian organ lain

B. Komplikasi yang mengikuti syphillis

  1. Neurosyphilis
  2. Problem pada jantung dan darah
  3. Kerusakan pada jaringan kulit dan tulang
  4. Kebutaan
  5. Bahkan kematian

C. Tanda-tanda

1. Tanda yang pertama biasanya luka atau borok, yang disebut chancre. Chancre ini timbul 2 sampai 5 minggu setelah hubungan kelamin dengan seorang penderita syphilis. Luka chancre tersebut terlihat seperti jerawat, lepuh atau borok yang terluka.

Biasanya chancre terdapat pada daerah kelamin laki-laki atau wanita(atau lebih jarang lagi pada pada bibir, jari tangan, dubur atau mulut). Borok ini penuh dengan kuman, yang mudah ditularkan kepada orang lain.

Borok tersebut biasanya tidak sakit, dan jika terdapat di dalam vagina, mungkin wanita tersebut tidak menyadari bahwa ia menderita syphilis—tapi ia dapat menularkannya kepada orang lain dengan mudah.

2. Luka chancre hanya berlangsung beberapa hari dan kemudian hilang sendiri tanpa pengobatan. Namun, penyakitnya terus menyebar di seluruh tubuh.

3. Beberapa minggu atau bulan kemudian, dapat terjadi sakit leher, panas ringan, luka-luka pada mulut atau pembengkakan sendi-sendi. Atau salah satu di antara tanda-tanda tersebtut dapat muncul pada kulit berupa: jerawat atau ruam yang sakit di seluruh tubuh; bilur-bilur yang berbentuk lingkaran; dan ruam yang gatal pada tangan atau kaki. Ketiga tanda ini biasanya dapat hilang dengan sendirinya, dan penderitanya mengira ia telah sembuh—tetapi penyakit tersebut masih ada.

Tanpa pengobatan yang tepat, syphilis dapat menyerang setiap bagian tubuh, yang menyebabkan penyakit jantung, kelumpuhan, penyakit jiwa dan banyak gangguan lain.

C. Peringatan

Apabila ruam pada kulit terlihat selama berhari-hari atau berminggu-minggu setelah ditemukan jerawat atau borok pada alat kelamin, mungkin tanda ini menunjukkan penyakit syphillis. Jika Anda meragukannya, mintalah nasihat dokter.

D. Pengobatan

  1. Pengobatan Syphilis (Untuk sembuh secara tuntas, penting mendapatkan pengobatan penuh)
  2. Jika gejala terjadi kurang dari 1 tahun, suntikkan dosis tunggal benzathin penicillin 2,4 juta unit masing-masing setengah dosis pada kedua paha pasien. Pada pasien yang alergi terhadap penicillin, berikan 500 mg kapsul tetracyclin, 4 kali sehari selama 15 hari.
  3. Jika gejala sudah lebih dari 1 tahun, beri benzathin penicillin 2,4 juta unit tiap minggu sekali selama tiga minggu; total 7,2 juta unit. Pada pasien yang alergi terhadap penicillin dapat diganti dengan 500 mg kapsul tetracyllin, 4 kali sehari selama 30 hari.
  4. Untuk wanita hamil atau menyusui yang tidak tahan penicillin tetracyllin, obat diganti dengan erythromycin dengan dosis yang sama.
  5. Jika seseorang mungkin menderita syphilis, ia harus segera menemui petugas kesehatan. Diperlukan pemeriksaan darah khusus. Jika pemeriksaan tersebut tidak dapat dilaksanakan, orang tersebut harus diobati sebagai penderita syphillis.
  6. Setiap orang yang berhubungan seks dengan orang yang diketahui menderita syphillis harus pula diobati, terutama para suami atau isteri dari orang yang diketahu mengidap infeksi syphillis.

1 komentar: